Jumat, 01 Februari 2013

Pengertian URL dan Cara Penulisan di Web Browser



3. pengertian URL dan cara penulisanya di web browser

 Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu , yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet . URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web . Sejak 1994 , konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya .URL singkatan dari Uniform Resource Locator . URL adalah lokasi dari sebuah file di dalam web . Beberapa contoh URL antara lain http://www.pestahosting.com/ , atau http://member.pestahosting.com/ . URL yang Anda pilih akan digunakan oleh pengunjung , atau Anda sendiri , untuk mengakses Website Anda atau URL bisa disebut juga dengan Domain .
URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan. Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu, yaitu :
Bagian pertaman URL menunjukkan protokol misalnya http:// atau https:/ Protokol adalah persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol. Bagian kedua URL menunjukkan alamat server dimana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.microsoft.com untuk website Microsoft Corporation. Bagian ketiga URL adalah path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dokument atau program dalam server tersebut, misalnya: kb/deskapp/word/q1974.html di mana kb/deskapp/word/ adalah lokasi file dan q1974.html adalah nama berkas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar